Sekolah

Jelaskan Klasifikasi Kota Berdasarkan Tahap Perkembangannya

×

Jelaskan Klasifikasi Kota Berdasarkan Tahap Perkembangannya

Sebarkan artikel ini
Jelaskan Klasifikasi Kota Berdasarkan Tahap Perkembangannya

Kota dapat diklasifikasikan berdasarkan tahap perkembangannya menjadi tiga kategori utama, yaitu: (1) kota pra-industri, (2) kota industri, dan (3) kota pasca-industri. Kota pra-industri adalah kota pada zaman sebelum revolusi industri, yang umumnya memiliki tata letak dan fungsi yang belum terstruktur dengan baik. Kota industri muncul seiring dengan revolusi industri, terkait dengan pertumbuhan ekonomi, migrasi, dan urbanisasi. Akhirnya, kota pasca-industri didefinisikan sebagai kota yang telah mengalami deindustrialisasi dan berkembang menjadi kota dengan sektor jasa yang dominan, keberagaman ekonomi, dan infrastruktur teknologi yang maju.

Pembahasan

1. Kota Pra-Industri

Kota pra-industri berkembang sebelum abad ke-18 dan sebelum terjadinya revolusi industri. Struktur ekonomi kota-kota ini umumnya didasarkan pada sektor pertanian dan perdagangan, serta menjalankan fungsi administrasi dan agama. Tata letak kota sering kali tidak teratur dan padat, dengan infrastruktur yang sederhana, serta keadaan sanitasi dan kesehatan yang buruk.

2. Kota Industri

Aktivitas industri yang tumbuh pesat seiring dengan Revolusi Industri pada abad ke-18 mendorong perubahan besar dalam pola pemukiman dan fungsi kota. Perkembangan teknologi, penyediaan lapangan kerja, dan masuknya populasi pedesaan (yang mencari peluang kerja) dalam jumlah besar, mengakibatkan urbanisasi yang pesat dan perubahan tata letak kota. Adapun struktur ekonomi kota-kota ini bergantung pada sektor industri dan perdagangan, dengan negara-negara Barat sebagai pusat pertumbuhan kota industri.

3. Kota Pasca-Industri

Pasca Perang Dunia II, banyak negara yang mengalami proses deindustrialisasi. Kota-kota di negara tersebut bertransformasi menjadi kota pasca-industri. Penurunan industri dan perubahan ekonomi mengarah pada dominasi sektor jasa di kota-kota ini, yang kemudian menyediakan sebagian besar lapangan pekerjaan. Karakteristik kota pasca-industri mencakup infrastruktur teknologi yang maju, pembangunan yang lebih terencana dan berkelanjutan, serta keberagaman ekonomi yang mempromosikan pertumbuhan sektor kreatif, pendidikan, dan pariwisata.

Secara ringkas, klasifikasi kota berdasarkan tahap perkembangannya mengacu pada perubahan yang terjadi sepanjang sejarah dalam tata letak, struktur ekonomi, dan fungsi kota.