Sekolah

Kotoran Ikan dan Sisa Pakan yang Ada di Dasar Kolam Dapat Menimbulkan Keluarnya Apa?

×

Kotoran Ikan dan Sisa Pakan yang Ada di Dasar Kolam Dapat Menimbulkan Keluarnya Apa?

Sebarkan artikel ini
Kotoran Ikan dan Sisa Pakan yang Ada di Dasar Kolam Dapat Menimbulkan Keluarnya Apa?

Kotoran ikan dan sisa pakan yang terakumulasi di dasar kolam dapat menimbulkan keluarnya gas berbahaya seperti amonia dan sulfur dioksida, serta berpotensi meningkatkan konsentrasi nutrien dan mempercepat pertumbuhan alga. Kondisi ini dapat merusak keseimbangan ekosistem kolam dan berdampak negatif pada kesehatan ikan dan organisme lainnya.

Pembahasan

Pakan yang tidak dimakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam dapat menyebabkan keluarnya beberapa subtansi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Proses dekomposisi material organik ini oleh bakteri dan mikroorganisme lainnya menghasilkan gas seperti amonia (NH3) dan sulfur dioksida (SO2), keduanya berpotensi merugikan habitat air.

Gas amonia, dalam jumlah yang cukup, dapat meracuni ikan dan organisme lainnya. Kondisi ini dikenal sebagai ammonia toxicity. Selain itu, sulfur dioksida juga berbahaya, dan dapat menyebar ke lingkungan yang lebih luas.

Kotoran dan sisa pakan juga mengandung nutrisi seperti nitrogen dan fosfor, yang dapat menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan alga (eutrofikasi) – terutama dalam kondisi sinar matahari yang cukup dan suhu yang hangat. Proliferasi alga ini pulalah yang dapat menyebabkan penurunan kualitas air, menurunkan tingkat oksigen terlarut (hypoxia), dan bahkan dapat menghasilkan toksin yang membahayakan ikan dan organisme lainnya.

Secara keseluruhan, penanganan yang tepat dan manajemen kolam yang berkelanjutan adalah sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan kesejahteraan spesies air.