Sosial

Kriteria untuk Segmentasi Pasar yang Berhasil Adalah

×

Kriteria untuk Segmentasi Pasar yang Berhasil Adalah

Sebarkan artikel ini
Kriteria untuk Segmentasi Pasar yang Berhasil Adalah

Kriteria untuk segmentasi pasar yang berhasil mencakup:

  1. Keterpencilan Jelas (Distinctiveness): Setiap segmen harus jelas berbeda dengan segmen pasar lainnya.
  2. Ukuran yang Signifikan (Significant Size): Segmen tersebut harus memiliki ukuran yang cukup besar untuk layak dieksploitasi secara komersial.
  3. Dapat Diakses (Accessibility): Segmen tersebut harus bisa dijangkau dan dilayani secara efisien.
  4. Respons yang Stabil (Stable Response): Segmen tersebut harus cukup stabil untuk memastikan efektivitas strategi jangka panjang.
  5. Dapat diukur (Measurability): Dapat diukur dalam hal ukuran, daya beli, dan karakteristik lainnya.

Pembahasan

Dalam perspektif pemasaran, kriteria segmentasi pasar berhasil adalah aspek penting dalam memastikan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran produk atau jasa. Berikut ini adalah pembahasan lebih lanjut mengenai kriteria-kriteria tersebut:

Keterpencilan Jelas adalah kemampuan unik suatu segmen pasar untuk dipisahkan dari segmen lain berdasarkan sejumlah karakteristik, seperti demografi, perilaku konsumen, ataupun preferensi produk. Adanya perbedaan yang jelas membantu organisasi dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk setiap segmen.

Ukuran yang Signifikan merujuk pada besarnya segmen pasar yang dapat memberikan peluang profitabilitas cukup bagi suatu organisasi. Ukuran segmen pasar yang signifikan sangat penting untuk memastikan keberlanjutan usaha.

Dapat Diakses merujuk pada kemampuan perusahaan untuk memasuki dan melayani segmen pasar secara efisien dan efektif. Hal ini tidak hanya melibatkan akses fisik, tapi juga kemudayaan organisasi dalam mencapai segmen pasar melalui berbagai strategi dan saluran pemasaran.

Respons yang Stabil adalah sifat yang menunjukkan bahwa segmen pasar memberikan reaksi yang konsisten terhadap upaya pemasaran yang dilakukan oleh organisasi. Hal ini memastikan bahwa alokasi sumber daya pemasaran dapat dilakukan dengan efektifitas yang maksimal.

Dapat diukur merujuk pada kemampuan organisasi untuk mengukur dan memantau segmen pasar dan mengidentifikasi perubahan atau tren yang mungkin dapat berpengaruh terhadap strategi pemasaran. Antara lain termasuk ukuran dari segmen pasar, daya beli konsumen, dan karakteristik ekonomi atau demografi lainnya.

Masing-masing kriteria ini memainkan peran penting dalam segmentasi pasar yang sukses. Kombinasi semua kriteria ini menghasilkan sebuah strategi segmentasi pasar yang komprehensif dan efektif.