Sekolah

Kromosom yang memiliki 2 lengan yang sama panjang disebut dengan…

×

Kromosom yang memiliki 2 lengan yang sama panjang disebut dengan…

Sebarkan artikel ini
Kromosom yang memiliki 2 lengan yang sama panjang disebut dengan...

Kromosom yang memiliki dua lengan yang sama panjang dikenal sebagai kromosom metasentrik. Kedua lengan kromosom, teknisnya disebut dengan “p_arm” dan “q_arm”, pada kromosom metasentrik ini memiliki panjang yang identik. Sehingga, sentromer – titik di mana kedua lengan kromosom bertemu – terletak tepat di tengah, memberikan kromosom ini bentuk simetris.

Pembahasan

Kromosom, struktur utama dari DNA yang membawa informasi genetik, memiliki variasi dalam bentuk dan ukuran mereka. Salah satu metode klasifikasi anatomis yang paling umum melibatkan posisi sentromer, titik di mana kromosom menggabungkan kedua lengan mereka. Lengan kromosom terbagi menjadi lengan pendek (p_arm) dan lengan panjang (q_arm). Kromosom dikelompokkan berdasarkan posisi sentromer mereka.

Jika sentromer terletak di tengah, dengan dua lengan sama panjang, kromosom tersebut dikenal sebagai kromosom metasentrik. Bentuk ini dapat dibandingkan dengan huruf “X”, di mana kedua bagian memiliki panjang yang sama. Kromosom metasentrik dapat ditemukan dalam genom spesies banyak organisme, termasuk manusia. Faktanya, dari 46 kromosom manusia, beberapa adalah metasentrik, termasuk kromosom 1, kromosom yang terpanjang dalam genom manusia.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kromosom dapat memiliki bentuk lain berdasarkan posisi sentromer. Selain metasentrik, ada juga kromosom submetasentrik (dengan satu lengan lebih panjang dari yang lain), akrosentrik (dengan lengan pendek sangat pendek), dan telosentrik (dengan sentromer di salah satu ujung). Sebelum pertanyaan lebih lanjut, lebih baik mengkonsultasikannya dengan ahli genetika untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan akurat.