Sosial

Kromosom yang Menentukan Jenis Kelamin pada Individu Jantan dan Betina Disebut Apa?

×

Kromosom yang Menentukan Jenis Kelamin pada Individu Jantan dan Betina Disebut Apa?

Sebarkan artikel ini
Kromosom yang Menentukan Jenis Kelamin pada Individu Jantan dan Betina Disebut Apa?

Kromosom yang menentukan jenis kelamin pada individu disebut kromosom seks. Pada spesies dengan sistem penentuan seks XY, seperti manusia, individu jantan biasanya memiliki satu set kromosom XY, sedangkan individu betina memiliki set kromosom XX. Jadi, Y adalah kromosom seks yang membuat rata-rata individu menjadi jantan, sedangkan kromosom X umumnya membuat individu menjadi betina.

Pembahasan

Kromosom adalah struktur yang membawa informasi genetik dalam bentuk DNA. Setiap organisme memiliki jumlah dan tipe spesifik kromosom. Pada pengorganisasian genetik seks manusia dan beberapa spesies lain, terdapat dua jenis kromosom seks, yakni X dan Y.

Kromosom X dan Y berperan crucial dalam penentuan jenis kelamin. Pada manusia, individu betina biasanya memiliki dua kromosom X (XX), sedangkan individu jantan memiliki satu X dan satu Y (XY). Ini disebut sistem penentuan seks XY.

Penentuan jenis kelamin jantan dan betina berlangsung saat pembentukan sel sperma. Pada proses ini, setiap spermatozoa akan menerima salah satu dari dua kromosom seks: X atau Y. Maka dari itu, sperma bertipe Y yang membuahi sel telur (yang selalu mengandung kromosom X) akan menghasilkan individu jantan, sedangkan sperma bertipe X akan menghasilkan individu betina.

Jadi, dalam konteks penentuan seks, kromosom Y yang umumnya bertanggung jawab dalam menentukan sifat jantan, dan X untuk sifat betina. Meskipun begitu, patut ditekankan bahwa faktor-faktor lain seperti peran gen-gen tertentu dan lingkungan epigenetik juga memiliki peran dalam menentukan ekspresi seksual suatu individu.