Scroll untuk baca artikel
Diskusi

Pernyataan yang Benar Tentang Kromosom, DNA, dan Inti Sel adalah…

×

Pernyataan yang Benar Tentang Kromosom, DNA, dan Inti Sel adalah…

Sebarkan artikel ini
Pernyataan yang Benar Tentang Kromosom, DNA, dan Inti Sel adalah...

Kromosom, DNA, dan inti sel merupakan komponen penting dalam proses biologi sel. Pernyataan yang benar mengenai mereka adalah sebagai berikut:

  1. Kromosom merupakan struktur yang terorganisasi di dalam inti sel dimana DNA tersimpan.
  2. DNA merupakan molekul pembawa informasi genetik yang bertanggung jawab atas instruksi untuk pertumbuhan, perkembangan, fungsi, dan reproduksi sel.
  3. Inti sel adalah bagian dari sel yang memuat genetik material, termasuk kromosom.

Pembahasan

Kromosom

Kromosom adalah unit organisasi tingkat tinggi yang ada di inti sel dan membawa informasi genetik dalam bentuk DNA. Struktur ini mengendalikan fungsi dan aktivitas sel dengan menyimpan, mengorganisir, dan mengekstrak informasi genetik. Saat sel membelah, informasi genetik dalam kromosom digandakan dan dipindahkan ke sel anak, memastikan bahwa setiap sel memiliki salinan lengkap dari genom organisme.

DNA

DNA, atau asam deoksiribonukleat, adalah molekul biologis yang berisi instruksi genetik yang digunakan dalam fungsi, pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi sel dan organisme. Sekuen DNA yang unik menentukan sifat-sifat individu dan merupakan basis untuk warisan genetik.

Inti Sel

Inti sel adalah kompartemen terbesar di sel eukariotik, yang berfungsi untuk menyimpan informasi genetik organisme dalam bentuk DNA. Selain itu, inti sel juga berperan dalam mengendalikan aktivitas dan fungsi sel, termasuk pertumbuhan, perbanyakan dan sintesis protein.

Pernyataan di atas mencerminkan pemahaman terkini tentang struktur dan fungsi kromosom, DNA, dan inti sel dalam konteks biologi sel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *